MATERI POKOK : MENENTUKAN LUAS DAERAH SEGITIGA
KELAS : V ( LIMA )
SEKOLAH : SD NEGERI 194
MENENTUKAN LUAS DAERAH LINGKARAN
DENGAN PENDEKATAN LUAS DAERAH PERSEGI PANJANG
Siapkanlah Alat dan Bahan dibawah ini :
A. Bahan
1. Kertas BC atau buffalo
2. Lem kertas
B. Alat Kerja
1. Pensil
2. Penggaris
3. Gunting/Cutter
4. Busur Derajat
5. Papan Gabus
D. Langkah-langkah Kerja
1. Buatlah lingkaran dengan menggunakan kertas buffalo. Kemudian bagilah lingkaran tersebut menjadi 12 bagian yang sama
2. Gunting lingkaran itu menjadi 12 bagian yang sama. Ambil salah satu bagian, kemudian gunting menjadi dua bagian sama besar
3. Susun bagian – bagian tadi sehingga menyerupai persegi panjang
Langkah – langkah Penjelasan materi
1. Letakkan pada papan gabus model daerah lingkaran (i) dan (ii)
2. Dengan cara menghimpitkan, tunjukkan bahwa kedua model lingkaran yang kongruen. Sambil menunjukkan pada bangun (i) bahwa model lingkaran ini panjang jari – jari ( r ), kemudian tanyakan kepada peserta didik, “ Apakah panjang jari – jarinya sama ? apakah luasnya sama ?
3. Katakan kepada peserta didik bahwa model lingkaran (ii) dapat pulah diubah bentuknya menjadi bangun bangun pada gambar (iii). Tanyakan kepada peserta didik, “ Apakah luasnya sama?” Berbentuk apakah bangun pada (iii)? (menyerupai daerah persegi panjang) “ Barapakah panjangnya ?” ( setengah keliling lingkaran atau
“Berapakah lebarnya?” ( r ) “
berapakah luasnya ? “
4. Selanjutnya peserta didik untuk melanjutkan menemukan rumus luas daerah lingkaran dengan cara sbb :
Luas daerah lingkaran = Luas daerah Persegi Panjang
Luas daerah lingkaran = (
Luas daerah lingkaran =
Simpulan
Jika lingkaran dengan panjang jari – jari nya r, dan luas daerahnya Maka L = |
Ket : Front merah merupakan harapan jawaban siswa.
Referensi :
Hidayat, Taofik. 2004. Titian Mahir Matematika untuk SD kelas 5. Visindo Media Persada : Jakarta.
Dinas Pendidikan Nasional Propinsi Sumatera Selatan. Buku Panduan dan Penggunaan alat peraga matematika Alternatif untuk SD / MI. ( M E Q I P ).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar